Tuesday, June 16, 2015

(NONTON) V/ H/ S/ 2 (2013)

Film dengan konsep found footage sudah bukan hal jarang. Cerita dimulai dari sudut pandang penonton.

Dengan konsep ini, V/ H/ S berisi kumpulan video horor mockumetary. Setelah pendahulunya yang suskses, situs Bloody Disgusting memproduseri  V/ H/ S/ 2. Penonton disajikan lima video horor dengan Tape 49 sebagai kisah utama. Bukan kisah utama juga si, Tape 49 ini yang membungkus keempat kisah berikutnya gitu. Ceritanya cowok cewek yang mencari gadis yang hilang, kedua tokoh kita menemukan rumah yang di dalamnya berisi kumpulan video mengerikan.

Adam Wingard
Cerita berlanjut ke video pertama, Phase I Clinical Trials . Seorang yang mendapat mata buatan berupa kamera namun pada malam pertamanya diganggu sosok aneh. Disini, Adam Wingard memerankan tokoh utama. Video awal ini cukup mengerikan sebagai pembuka. Karena meski si tokoh utama sudah mencopot mata buatan tersebut, dia tetap diganggu oleh sosok-sosok aneh yang muncul. Ups spoiler..

Di pertengahan pergantian video, kita bisa tahu bahwa ada yang aneh di rumah berisi video-video tersebut. Sosok  aneh yang muncul di belakang si gadis tanpa diketahuinya. Cerita berlanjut ke video kedua. Dengan tema zombie, A Ride in The Park menaikkan tensi. Disutradarai oleh dua orang Eduardo Sánchez dan Gregg Hale yang juga menyutradarai Blair Witch Project.


Melalui kamera helm seeorang pria yang bersepeda di taman, saya dikejutkan dengan kemunculan zombie yang membuatnya menjadi zombie juga. Kemudian datang sepasang biker yang berakhir dengan nasib yang sama. Ketiganya  menyerang pesta ulang tahun di sebuah pondokan. Pria, wanita dan anak-anak yang tidak sempat melarikan diri menjadi santapan mereka. Di akhir video, disajikan twist. Melihat garpu pemanggang menancap di bola matanya, pesepeda pertama menyadari dirinya berubah mengerikan. Kemudian menembakkan senapan yang akhirnya menghancurkan kepalanya. Tapi lucuuu, geli aja gitu liat zombienya sadar diri. Spoiler lagi.


Kemudian sampai pada video yang ditunggu. Disutradarai oleh mas-mas favorit, Timo Tjahjanto. Bareng dengan Gareth Evans. Menyenangkan ada mas-mas Indonesia yang masuk dalam antologi V/ H/ S/ 2 ini. Segmen ketiga ini bertema sekte pemuja setan. Dikisahkan empat kru reporter yang meliput apa yang ada di dalam Keluarga Pintu Surga. Dari percakapan mereka, kita tahu sekte tersebut diprotes masyarakat. Epi Kusnandar sebagai The Father membuat film ini menjadi gila. Melihat aktingnya di sitkom lokal Preman Pensiun yang bikin ketawa ngakak, bakalan kaget melihat dia dalam Safe Heaven.

Dengan Timo Tjahjanto sebagai sutradara, eksekusi filmnya tidak sebusuk film horor Indonesia sekarang ini. Para jamaah yang menembak dirinya sendiri, anak-anak yang mati keracunan susu, ibu hamil yang mati kemudian merangkak bak laba-laba, tubuh meledak dan bayi setan yang keluar dengan merobek perut ibunya sendiri. Ending twist yang akhirnya menyadarkan kita semua bahwa semua anak butuh figur seorang bapak. Hahahahaha sakit.


Selain segmen zombie dan sekte pemuja setan, segmen terakhir juga jadi favorit saya. Slumber Party Alien Abduction menawarkan kisah bertema alien home invasion. Sekelompok remaja yang ditinggal orangtua mereka, diserbu alien yang menerobos masuk ke rumah mereka. Meski tidak jelas penampakan aliennya, saya suka dengan penggambaran alien bertubuh tinggi besar berkepala plus lengan dan kakinya yang panjang. Video terakhir dari Jason Eisener ini mengantarkan kita pada ending Tape 49. (gal)

No comments:

Post a Comment