Tuesday, June 16, 2015

(JAJAN) Bubur Mang Iwan


Depot Bubur Ayam M@ng Iwan depan SPN Purwokerto. Dari perempatan Karang Jambu terus ke utara. Kanan jalan deh. Buka dari pagi sampai jam 10 malam. Jarang-jarang ada di Purwokerto, bisa nemu bubur ayam malem-malem. Enak bener...

Bubur ayam ini memang buka sampe malem. Terbuat dari beras Pandan Wangi dan dicuci hingga bersih, bubur terlihat putih, kaya bubur bubur lainnya. Isiannya ada suwiran ayam sama cakwe yang jarang ada di penjual bubur ayam lain. Trus juga ada kacang kedelai yang ditambahin  di atasnya. 

Kacang kedelai ini menjadi pilihan konsumen apakah akan ditaburkan di atasnya atau tidak. Kemudian ada bawang goreng, abon sapi serta seledri segar yang ditambahkan di atasnya. Spesial di Depot Mang Iwan ini menyediakan tongcai. Tongcai merupakan makanan khas China yang terbuat dari sayuran yang diawetkan dengan cara diasinkan. Tongcai ini asin sekali bila dimakan langsung. Akan terasa nikmat jika ditambahkan ke dalam bubur ayam. Gurih rasanya.

Depot Mang Iwan ini hadir di depan Sekolah Polisi Negara (SPN) dan di daerah Teluk. Juga di dekat stasiun Purwokerto sama di Dukuh Waluh deket UMP. Kelebihan lainnya adalah di cara pengemasannya. Jika kita makan langsung di tempat, akan tersedia kerupuk yang ditempatkan tersendiri dalam wadah sehingga pelanggan dapat menambahkan sesuai selera. Sambal yang terbuat dari cabai yang dikeringkan membuatnya tahan lama selama 3 hari. Menurut Pengelola Depot Mang Iwan di depan SPN, Hadi Waluyo "Pengemasannya pun dibuat sederhana dan praktis". Dialasi dengan daun pisang yang sudah disterilkan kemudian ditempatkan  di dalam sterofoam. Kemudian bubur dan isiannya ditambahkan ke dalamnya. Sambal dan kuah ditempatkan terpisah. Serta disertakan sendok di dalamnya untuk memudahkan konsumen mengkonsumsinya.

Menu yang tersedia di Depot Mang Iwan ini selain bubur ayam juga ada bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam. Semua bahan pilihan tanpa bahan pengawet, bahan pewarna, saccharine atau sari manis. 100% dari gula asli sehingga aman dikonsumsi. Makanan pelengkap sate usus dan telur puyuh juga tersedia di sini. Dengan Rp 6.000,- Anda dapat memanjakan lidah di Depot Mang Iwan ini. (gal)

No comments:

Post a Comment